Film

Review Film: Ingat Dosa Menonton Along With the Gods: The Two Worlds

Written by Tri Wahyudi

Awal tahun 2018 disambut film box office asal Korea Selatan berjudul Along With the Gods: The Two Worlds. Film bergenre drama fantasi ini berhasil ditonton lebih dari 10 juta penonton di negara asalnya. Disutradarai oleh Kim Yong-hwa, film adaptasi webkomik karya Joo Ho-min ini dibintangi aktor-aktor Korea ternama seperti Ha Jung-woo, Cha Tae-hyun, Ju Ji-hoon dan Kim Hyang-gi.

Kisah Along With the Gods: The Two Worlds berawal dari seorang pemadam kebakaran Ja-Hong (Cha Tae-hyun) yang meninggal karena jatuh dari gedung tinggi setelah menyelamatkan salah satu korban kebakaran. Ja-Hong terlihat belum sadar akan kematiannya hingga bertemu dengan Gang-Rim (Ha Jung-woo), Haewonmak (Ju Ji-hoon) dan Duk-Choon (Kim Hyang-gi). Mereka merupakan pengawal Ja-Hong menuju gerbang afterlife atau akhirat. Ja-Hong pun menjadi suri teladan karena semasa hidupnya banyak menolong orang.

Ketika sudah memasuki afterlife, Ja-Hong harus melewati 7 pengadilan di 7 neraka yang ada dalam 49 hari untuk bisa bereinkarnasi. Tujuh dewa dari masing-masing neraka itu akan mengadili Ja Hong sesuai apa yang ia lakukan semasa hidupnya. Tujuh pengadilan yang harus dilewati Ja-Hong adalah pengadilan pembunuhan, kemalasan, ketidakjujuran, ketidakadilan, pengkhianatan, kekerasan dan kemurtadan.

Ja-Hong sangat ingin bereinkarnasi agar bisa bertemu kembali dengan ibunya yang bisu. Namun proses pengadilan Ja-Hong terhambat karena adik laki-lakinya Su Hong (Kim Dong Wook) meninggal dunia secara tidak wajar dan menjadi roh penasaran. Berhasilkah Ja-Hong bereinkarnasi?

Harus diakui, cerita yang ditawarkan dalam film ini menarik. Kita seakan dibawa menuju kehidupan setelah mati dan bertanggung jawab dengan segala perbuatan semasa hidup. Setiap pengadilan yang dilalui Ja-Hong membuat kita ingat dosa. Pesan moral lainnya adalah bagaimana pentingnya keluarga dalam hidup dan lebih menghargai hidup.  Tak hanya itu, para penonton dibuat bertanya-tanya, mengapa sosok suri teladan dikenakan sanksi di beberapa pengadilan?

Para cast pun turut andil memperkaya film, Cha Tae-hyun berhasil memerankan sosok pemadam kebakaran yang misterius. Kemudian ada Ha Jung-woo pemimpin dari para pengawal, Ju Ji-hoon yang sibuk membuat kita tertawa dengan kejenakannya dan  Kim Hyang-gi pengawal termuda. Chemistry mereka bertiga sebagai malaikat pengawal menghibur dan menjadi kekuatan film. Film ini juga menjadi cukup emosional ketika membahas hubungan Ja-Hong dan ibunya, momen haru siap membuat mata kalian berkaca-kaca bahkan menangis. Tak melulu haru, bumbu komedi juga dihadirkan oleh Ju-Ji hoon dan Kim Dong Wook.

Satu lagi yang perlu dibahas dalam film Along With the Gods: The Two Worlds visual efek dan CGI yang mereka sajika terlihat cukup detail dan tidak kalah dengan film Hollywood. Film berdurasi 139 menit ini pun menghadirkan beberapa kameo populer seperti aktris cilik Kim Su An (Battleship Island) yang memerankan Dewa Taesan, Ma Dong Seok (Train to Bussan) sebagai Dewa Rumah Tangga dan Doh Kyung Soo D.O “EXO” yang memerankan Prajurit Won.

Along With the Gods: The Two Worlds patut ditonton, banyak pelajaran yang bisa kita petik. Setidaknya kita tahu bagaimana gambaran neraka, teringat dosa dan semakin sayang dengan ibu. Jangan lupa siapkan tisu atau sapu tangan ya saat menonton.

 

Baca juga:

Selain Sweet 20, Ini Film-Film Adaptasi Miss Granny Asal Korea

About the author

Tri Wahyudi

✏️ Blog writer | Social media enthusiast | Watch a lot movies | Instagram+ Snapchat -> yudichu

Leave a Comment