Internet Sosial

Apa Bedanya Belanja Online dengan Belanja Offline?

Written by Tri Wahyudi

eccommerce-concept-1-1057097

Pada saat ini, belanja online bukan hal yang asing lagi. kini beberapa orang sudah mulai terbiasa dan percaya kepada seller atau toko online di internet, namun apakah mereka masih berbelanja offline? Beberapa perbedaaan jika kita belanja online atau belanja offline.

1.Waktu
Belanja online mungkin tidak menguras waktu anda, karena kita hanya mencari, melihat dan membandingkan barang yang kita ingin beli di internet dengan waktu sebentar saja itu pun bisa kita lihat di beberapa toko online yang berbeda-beda. Sementara jika kita belanja offline kita harus berjalan memasuki setiap toko melihat barang kita inginkan, belum lagi membandingkan harga butuh waktu lebih lama daripada berbelanja online. Waktu lebih cepat merupakan point lebih untuk belanja online.

2. Kualitas
Nah kualitas jika kita belanja online hanya terlihat di gambar produk di toko online dan ulasan ulasan pembeli yang sudah berbelanja di toko tersebut, tentu kita ingin produk/barang berkualitas namun sangat minim jika ingin mengetahui kualitas barang ketika kita belanja online. Disini lah point lebih belanja offline kita bisa mengetahui kualitas atau keadaan barang yang ingin kita beli.

3. Promo
Promo merupakan usaha toko online mendapatkan banyak buyer atau pembeli, biasa nya promo berupa diskon, hadiah ataupun keuntungan lainnya yang didapat buyer. Belanja offline pun terdapat berapa diskon dan hadiah yang ditawarkan. Jadi untuk point promo belanja online ataupun belanja offline seimbang.

4. Proses
Dalam memilih barang atau produk belanja online mungkin tidak memakan waktu banyak tetapi pengiriman barang nya lah yang kadang memerlukan waktu cukup lama, biasanya 2-3 hari bahkan bisa seminggu lebih tergantung dari lokasi pengiriman barang. Jangan sedih beberapa toko online menyediakan fitur COD (Cash on Delivery) jadi lebih menyingkat proses pembelian barang. Beda lain hal nya dengan belanja offline, pilih barang bayar di kasir kemudian bawa pulang barang nya. Nah point proses ini masih seimbang antara belanja online maupun offline.

Terdapat kekurangan dan kelebihan dari belanja online dengan belanja offline, bagaimana cara kita memanfaatkan keuntungan keuntungan dari belanja online ataupun offline. Kitapun dituntut untuk menjadi pembeli yang cerdas, jadi mau belanja dimana nih para buyers?

About the author

Tri Wahyudi

✏️ Blog writer | Social media enthusiast | Watch a lot movies | Instagram+ Snapchat -> yudichu

Leave a Comment