Travel

Liburan dan Mengenal Situs Megalitikum Gunung Padang

Written by Tri Wahyudi

Musim liburan telah tiba! Libur Natal dan tahun baru 2018 sudah di depan mata, ditambah libur sekolah anak. Bosan pergi ke mall atau ke tempat wisata yang menyajikan spot foto Instagramable? Bagaimana jika kamu pergi ke tempat wisata sekaligus bisa berfoto ciamik dan belajar sejarah. Jawabannya adalah Situs Gunung Padang,  situs prasejarah ini merupakan peninggalan kebudayaan megalitikum di Jawa Barat. Alamat lengkapnya ada di jalan alternatif Cibubur, Karyamukti, Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43215.

Untuk menuju lokasi kamu bisa menggunakan mobil pribadi, mini bus ataupun angkutan umum. Sesampainya di sana, kamu harus menanjak ke pintu masuk Situs Gunung Padang atau bisa menggunakan ojek dengan biaya Rp 5.000, sesampainya di atas jangan lupa membeli tiket masuk seharga Rp 4.000 . Eits, setelah itu kamu harus menaiki 350 anak tangga untuk sampai ke atas.

Ada jalan alternatif 700 anak tangga yang sudah dibeton,jika masih tidak sanggup juga kamu bisa naik Ojek ke puncak atas dengan membayar sekitar Rp 50.000. Kamu akan mendapatkan pengalaman tersendiri jika menaiki 350 anak tangga yang benar-benar dari batu-batuan asli. Tak lengkap jika kamu tidak ke atas tidak bersama tour guide, kamu bisa bayar seikhlasnya. Sangat cocok jika datang dengan teman-teman atau rombongan.

Situs Gunung Padang memiliki perundak-undakan dengan anak tangga sekitar 350, kemudian ada 5 teras disekitar puncaknya. Diteras ini terdapat komposisi batuan-batuan ukuran besar.  Luas kompleks utamanya kurang lebih 900 m², terletak pada ketinggian 885 m dpl, dan areal situs ini sekitar 3 ha, menjadikannya sebagai kompleks punden berundak terbesar di Asia Tenggara.Keren bukan? Selain itu  ada juga menara pandang untuk melihat pemandangan kawasan Situs Gunung Padang, kamu bisa melihat jauh ke arah Gunung Gede-Pangrango.

Dilansir dari National Geographic “Usia piramida Gunung Padang diperkirakan 4.700-10.900 tahun sebelum Masehi—bandingkan dengan piramida Giza di Mesir, yang hanya 2.500 SM. Namun pembuktian belum maksimal, dan menyebabkan pakar geologi masih ragu terhadap piramida itu. ”  Walau begitu, Gunung Padang menjadi tempat objek wisata prasejarah yang wajib dikunjungi, setidaknya kita tahu peninggalan dari nenek moyang di zaman megalitikum (Batu Besar).

 

Baca juga:

Mengintip Air Terjun Coban Rondo di Batu

5 Tempat Wisata Murah di Semarang

 

 

About the author

Tri Wahyudi

✏️ Blog writer | Social media enthusiast | Watch a lot movies | Instagram+ Snapchat -> yudichu

Leave a Comment